Pertengahan Oktober 2009, saya coba mengikuti Paid-To-Promote.Net. Eh, ternyata tanggal 30 Oktober, sudah dibayar, walau hanya 0,93 dolar ke paypal saya. Program ini mempunya keteraturan membayar setiap tanggal 15 dan 30, berapapun nilai dolar yang kita dapat. Tak perlu nunggu 100 dolar seperti program lain. Bagaimana cara mengikutinya? Mudah saja, silakan register dengan referal saya. Jika Anda referal saya, maka Anda akan saya bimbing. Klik saja kata iklan tulisan "Get Paid to Promote at Any Location!"
berwarna pink di atas ini.

Ini contoh recehan dollarnya...

AAderiau Balance History
Date Amount Note Balance After
Date: 2009-10-30 11:08:27 - $0.93 2009-10-30 Pay to paypal: dewa.gratia@gmail.com $0.00

Hello Rakadewa,

chen zirong just sent you money with PayPal.

Payment details
Amount: $10,93 USD
Transaction Date: Oct 30, 2009
Subject: paid-to-promote.net 2009-10-30

Philosophy is a game with objectives and no rules.
Mathematics is a game with rules and no objectives.
Theology is a game whose object is to bring rules into the subjective.

Friday, April 3, 2009

Analisis Rousseau tentang Perbudakan


“Kodrat – Hakekat Manusia”

Rousseau mempergunakan tesis Aristoteles sebagai pijakan dalam memikirkan Kondisi Alamiah Manusia. Menurut Aristoteles kondisi alamiah manusia adalah suatu keadaan ter-determinasinya manusia oleh realita sejak awal manusia hadir di dunia ini.
Kekeliruan Aristoteles ditunjukkan dalam Antitesis Rousseau mengenai hakekat dan kodrat kemanusiaan. Menurut Rousseau yang ditunjukkan oleh Aristoteles akan sifat ter-determinasinya NASIB manusia adalah suatu kondisi kodrat yang dipilih oleh manusia dalam memaknai hidupnya sendiri.
Mengapa manusia terdeterminasi hidupnya, Rousseau menjelaskan analisisnya mengenai perbudakan dalam dua kemungkinan :

  1. Seseorang yang dilahirkan dalam institusi perbudakan sudah ditentukan kodrat hidupnya sebagai budak untuk kepentingan institusi itu. Artinya secara determinatif seorang manusia yang dilahirkan dalam suatu sistem yang lebih kuat daripada lingkungan keluarganya sudah pasti akan menjalani suatu kodrat/ takdir yang sudah dipolakan oleh lingkungan makronya.
  2. Bahwa hakekat/ kondisi alamiah manusia adalah suatu kebebasan yang sama. Namun demikian, manusia senantiasa memiliki sifat keterbelengguan. Pikiran bahwa ada yang lebih hebat daripada saya atau yang lebih lemah daripada saya mempengaruhi cara pandang manusia atas hidupnya. Kalau manusia terlalu dipengaruhi dan tak dapat melepaskan dirinya dari sistem yang menguasainya atau malah melestarikannya dengan sikap pengecutnya maka manusia-budak (ber-kodrat budak) akan tetap menjadi budak selamanya.

No comments:

Post a Comment

Need us. Just contact in: themodernphilosophy@gmail.com
We will give you Free, some comprehensive theses all about philosophy.

(Anda ingin mendapatkan tesis-tesis komprehensif tentang filsafat lengkap dengan penjelasannya. Gratis! silahkan kirim email anda di themodernphilosophy@gmail.com !)